Kamis, 22 Desember 2011

Letusan Gunung Merapi Terbesar Selama 100 Tahun Terakhir.

Letusan gunung merapi kali ini benar-benar luar biasa. Menurut kepala badan Geologi Energi  dan Sumber  Daya Miner R sukhyar letusan merapi tahun 2010 ini adalah yang terbesar dan terburuk. “Terbesar setelah Galunggung 1982, penduduk Merapi tidak pernah merasakan letusan semacam ini dalam jangka waktu 100 tahun terakhir,” ujar sukhyar di yokyakarta, jumat (5/11).Letusan Gunung Merapi kian mengganas. Merapi mencatat rekornya dalam meluncurkan awan sejauh 15 kilometer dari puncak merapi menuju Cangringan yang berjarak 15 kilometer dari Puncak Merapi.
Luncuran awan panas sejauh  ini tercatat paling besar setelah letusan pertama pada 26 september  lalu. Tidak hanya itu, kepala pusat Vulkanologi dan Mitigasi bencana Geologi Kementrian Sumber daya Mineral, surono mencatat jarak luncuran awan panas pada luncuran awan panas letusan Gunung Merapi terbesar yang pernah terjadi, pada hari ini, seluruh sekolah di Yokyakarta diliburkan, Bandar udara adi sucipto, penerbangan dari yang menuju ke Yokyakarta dialihkan ke Solo.
Gunung Merapi mengeluarkan awan panas atau wedhus gembel yang menghubung tinggi hingga terlihat di Ledes, Klaten, Jawa terngah, kamis (4/11/2010). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral meningkatkan perluasan radius bahaya dari yang semula 10 kilometer menjadi 15 kilometer dari puncak Gunung Merapi seiring meningkatnya aktivitas Gunung Merapi tersebut.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar