Minggu, 25 Desember 2011

Muncul, Embrio Bintang Yang Melebihi Matahari

Embrio itu diperkirakan bisa tumbuh menjadi salah satu bintang terbesar di galaksi

Sebuah calon bintang raksasa dengan massa jauh lebih besar dibandingkan  matahari ditata surya ini sedang tumbuh dalam sebuah gas gelembung gas. Gambar embrio bintang tersebut terekam oleh teleskop milik badan luar angkasa mili8k Eropa (ESA).
Menurut laman stasiun  televisi BBC, 6 mei 2010, citra gelembung yang disebut RCW 120 itu dirilis beberapa hari menjelang peringatan satu tahun peluncuran teleskop Herschel ke orbit. Esa meluncurkan teleskop Herschel 14 mei 2009.
Detektor inframerah milik Herschel mampu melihat materi bersuhu rendah yang bisa melahirkan bintang. Citra seperti RCW 120 akan membantu menjelaskan bagaimana proses sebuah bintang terbentuk.
Calon bintang raksasa dalam citra teleskop terbentuk tampak seperti sebuah gumpalan putih di tepi bawah gelembung. Embrio itu diperkirakan bisa tumbuh menjadi salah satu bintang terbesar dan yang paling cerah di galaksi dalam ratusan ribu tahun mendatang.
Calon bintang raksasa tersebut sudah memiliki massa sekitar delapan hingga sepuluh kali lebih besar di banding massa matahari, dan dikelilingi begitu banyak material.
Bila lebih banyak gas dan debu berjatuhan di bintang tersebut, objek itu berpotensi menjadi salah satu objek raksasa dalam galaksi bima sakti dan akan berpengaruh bagi lingkungan sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar