Jumat, 23 Desember 2011

Tahun Badai Matahri Terjadi Tahun 2012 Hingga 2015

“ Lapan memperkirakan puncak aktivitas matahari akan terjadi antara 2012 hingga 2015. Pada puncak siklusnya, aktivitas matahari akan tinggi dan  terjadi badai matahari,” ujar Kabag Humas Lapan Elly Kuntjahyowati dalam rilis yang diterima detikcom, kamis (4/3/2010).

Flare tersebut, imbuhnya, merupakan salah satu aktivitas matahari selain medan magnet, blintik matahari, lontaran massa korona, angin surya dan partikel energetik.  Ledakan-ledakan matahari itu, bias sampai ke Bumi. Namun, flare yang diperkirakan akan terjadi tapi itu tidak akan langsung membuat dunia hancur.
“ Masyarakat banyak menghubungkan antara badai matahari dengan isu kiamat 2012 yang diramalkan suku maya. Ternyata dari hasil pengamatan Lapan, badai matahari tidak akan langsung menghancurkan peradaban dunia,” Imbuhnya.
Efek badai tersebut, lanjut dia, yang paling utama berdampak pada teknologi tinggi seperi satelit dan komunikasi radio. Satelit dapat kehilangan kendali dan komunikasi radio akan terputus. “Efek lainnya, aktivitas matahari berkontribusi pada perubahan iklim. Ketika aktivitas meningkat maka matahari akan memanas. Akibatnya suhu Bumi meningkat dan iklim akan berubah,” jelas Elly.
Partikel-partikel matahari yang menembus lapisan atmosfer bumi akan mempengaruhi cuaca dan iklim. Dampak eksremnya, dapat menyebabkan kemarau panjang . Namun hal ini masih dikaji olehj peneliti. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar