Sabtu, 24 Desember 2011

Misteri Segitiga Masalembo

Segitiga Masalembo adalah segitiga yang serupa dengan Segitiga Bermuda di kulauhan Bahama. Segitiga Masalembo ini terletak di perairan laut jawa, tepatnya pertemuan antara laut Jawa dan Selat Makassar. Beberapa kejadian aneh dan kecelakaan pernah terjadi di daerah segitiga tersebut. Masih ingat tenggelamnya kapal senopati?? KM Teratai?? Atau yang lebih dahsyat lagi peristiwa hilangnya pesawat Adam Air. Peristwa-peristiwa tersebut terjadi di daerah segitiga maut ini. Bukan baru ini saja, dulu pada tanggal 27 januari 1981 KM Tampomas II terbakar di laut dan karam, lokasi kejadian segitiga Masalembo ini juga.

Banyaknya kecelakaan dan peristiwa-peristiwa aneh di daerah tersebut membuat daerah segitiga tersebut menjadi daerah terlarang di perairan Indonesia. Sebenarnya apa penyabab dari fenimena segitiga Masalembo ini???
Jika dilihat dari letak gegrafisnya, maka di daerah segitiga Masalembo terdapat aliran arus yang tidak normal. Benturan yang terjadi antara arus laut jawa (dari barat ke timur), arus laut Flores (dari timur ke barat), di tambah dengan arus selat Makassar yang membelahnya (dari utara ke selatan) membuat arus di daerah Masalembo menjadi labil.
Kencangnya benturan antara tiga perairan, ditambah dengan terbawanya air laut dingin dari samudera fasifik ke samudera Indonesia (15 juta meterkubik air per detik) dan hampir keseluruhannya melalui selat Makassar. Disebut-sebut sebagai penjelasan yang paling ilmiah yang menyebabkan segitiga ini menjadi daerah terlarang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar