Selasa, 27 Desember 2011

Misteri Peradaban Atlantis Dari Seorang Filsafat Yunani Kuno

Mitos tentang peradaban Atlantis pertama kali dicetuskan oleh seorang filsafat Yunani kuno bernama Plato (427-347 SM) dalam buku critias dan Timaeus. Dalam buku Timaeus plato menceritakan bahwa dihadapan selat Mainstay Haigelisi, ada sebuah pulau yang sangat besar dari sana kalian dapat pergi ke pulau lainnya.

Di depan pulau-pulau itu adalah seluruhnya daratan yang dikelilingi laut samudera, itu adalah kerajaan Atlantis. Ketika itu Atlantis baru melancarkan perang besar dengan Athena, namun di luar dugaan Atlantis mengalami gempa bumi dan banjir, tidak sampai sehari semalam, tenggelam sama sekali di dasar laut, Negara besar yang melampui peradaban tinggi, lenyap dalam semalam.
Di bagian lain pada buku Critias adalah adik sepupu Critias mengisahkan tentang Atlantis. Critias adalah murid dari ahli filsafat Socrates, tiga kali dia menekankan keberadaan Atlanyis dalam dialog. Kisahnya berasal dari cerita lisan Joepe yaitu monyang lelaki Critias, sedangkan Joepe juga mendengarnya dari seorang penyair Yunani bernama Solon (639-559 SM).
Solon adalah yang paling bijaksana diantara 7 mahabijak Yunani kuno, suatu kali ketika Solon berkeliling Mesir, dari tempat pemujaan makam leluhur mengetahui legend Atlantis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar